Langsung ke konten utama

Pentingnya Digital Marketing di era 4.0

A.    Apa itu digital marketing

 

Digital marketing adalah periklanan atau promosi bisnis secara daring atau online. Digital marketing saat ini sudah tidak asing lagi bagi manusia di era milenial ini, banyak sekali pelajaran baru yang sebelumnya tidak pernah kita dapat sebelum adanya digital marketing. Arti dari digital markering sangatlah luas kata “Digital marketing” saja bisa dibiang sebagai cangkangnya saja, tetapi isinya begitu sangatlah luas. Kita analogi kan digital marketing sebagai sebuah computer nah kan kita sudah tahu computer itu seperti apa bentuknya bahkan dengan funsinya itu merupakan cangkang nya saja, banyak isi yang tidak kita tahu dari computer seperti bagian bagian penting dalam computer dalam segi hardware maupun software.

 

B.     Memanfaatkan digital marketing

 

Seperti yang kita tahu sangat banyak pemanfaatan digital marketing yang sangat menguntungkan dan bisa menghasilkan omset yang begitu banyak.



                        Seperti gambar yang kita lihat di atas bnyk sekali profesi dari digital marketing (sumber gambar belirius.com) .

 

C.     Keuntungan digital marketing

 

1.      Kecepatan penyebaran

2.      Kemudahan evaluasi

3.      Jangkauan lebih luas

4.      Murah dan efektif

5.      Membangun nama brand

 

D.    Strategi digital marketing

 

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti websiteblogs dan indografis.

2. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

3. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan  media sosial.

4. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.

5. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

6. Affiliate Marketing

Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

7. Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Laravel Roles & Permission

 Kali ini kita akan belajar login roles permission menggunakan pake spatie Instal Laravel Roles & Permission Karena kita menggunakan package, maka kita harus menginstal terlebih dulu. Ohya, saya asumsikan kawan-kawan sudah punya proyek  Laravel  yang masih baru & sudah melakukan konfigurasi untuk  database  dan sudah menjalankan  auth scaffolding Laravel . composer require spatie/laravel-permission Setelah terinstal, langkah berikutnya adalah kita menerbitkan  file   migrations  dari  package  ini. php artisan vendor:publish --provider= "Spatie\Permission\PermissionServiceProvider" Berikutnya, jalankan  migration nya. php artisan migrate Setelah dijalankan maka akan ada beberapa tabel yang dibuat oleh migration dari  package  ini. Penggunaan Pertama setelah melakukan proses instalasi. Untuk menggunakan package Laravel Permission ini kita tambahkan dulu  trait   HasRoles  ke model  User . us...

Rekomendari ekstensi vs code

  GitLens Pada GitLens kita bisa preview commitan sebelum di push, dan bisa melihat perubahan pada baris kode ( dibikin oleh siapa, diubah oleh siapa ), Serta masih banyak fitur lain dari GitLens ini. Visual Studio IntelliCode Sebenarnya auto suggest bawaan dari VS Code itu sendiri sudah lumayan bagus, saya menggunakan ini agar auto suggest bisa lebih detail suggestion yang diberikan, bisa diibaratkan Improve dalam hal suggestion ( Intellisense nya ). Sublime Text Keymap and Settings Importer Bagi teman-teman yang migrasi dari Sublime Text 3 ke Visual Studio Code dan merasa aneh dengan keymap di VS Code, bisa nih dicoba in keymap sublime text di VS Code. Secara keseluruhan keymap nya sama persis dengan keymap sublime text. File Utils Bagi teman-teman yang sering menggunakan VS Code tapi terbatas pada klik kanan di tampilan side folder project nya, yang hanya bisa copy dan paste. Nah pada ekstensi ini ada beberapa penambahan seperti Duplicate, Move, dan masih banyak lagi. Prettier E...

Model, View & Controller (MVC)

Model View Controller (MVC) Apa itu MVC?  MVC atau  Model View Controller  adalah sebuah pola desain arsitektur dalam sistem pengembangan website yang terdiri dari tiga bagian, yaitu:  Model,  bagian yang mengelola dan berhubungan langsung dengan database; View , bagian yang akan menyajikan tampilan informasi kepada pengguna; Controller , bagian yang menghubungkan model dan view dalam setiap proses request dari user.  Alur Kerja MVC Oke, setelah mempelajari apa itu MVC, sekarang saatnya memahami bagaimana alur kerja dari MVC. Mari lihat bagan berikut ini: Bagian  view  akan merequest informasi untuk bisa ditampilkan kepada pengguna. Request tersebut kemudian diambil oleh  controller  dan diserahkan bagian  model  untuk diproses;  Model akan mengolah dan mencari data informasi tersebut di dalam database; Model memberikan kembali pada controller untuk ditampilkan hasilnya di view;  Controller mengambil hasil olahan yang...