A. Apa itu digital marketing
Digital marketing adalah periklanan atau promosi bisnis
secara daring atau online. Digital marketing saat ini sudah tidak asing lagi
bagi manusia di era milenial ini, banyak sekali pelajaran baru yang sebelumnya
tidak pernah kita dapat sebelum adanya digital marketing. Arti dari digital
markering sangatlah luas kata “Digital marketing” saja bisa dibiang sebagai
cangkangnya saja, tetapi isinya begitu sangatlah luas. Kita analogi kan digital
marketing sebagai sebuah computer nah kan kita sudah tahu computer itu seperti
apa bentuknya bahkan dengan funsinya itu merupakan cangkang nya saja, banyak
isi yang tidak kita tahu dari computer seperti bagian bagian penting dalam computer
dalam segi hardware maupun software.
B. Memanfaatkan digital marketing
Seperti
yang kita tahu sangat banyak pemanfaatan digital marketing yang sangat
menguntungkan dan bisa menghasilkan omset yang begitu banyak.
Seperti
gambar yang kita lihat di atas bnyk sekali profesi dari digital marketing
(sumber gambar belirius.com) .
C. Keuntungan digital marketing
1.
Kecepatan penyebaran
2.
Kemudahan evaluasi
3.
Jangkauan lebih luas
4.
Murah dan efektif
5.
Membangun nama brand
D. Strategi digital marketing
1. Search Engine
Optimization (SEO)
SEO
adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas
dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami
bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan
indografis.
2. Content Marketing
Merencanakan,
membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik
pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten
ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book,
indografis serta brosur online.
3. Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi
Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas
seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye.
Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan
media sosial.
4. Pay-Per-Klik (PPC)
PPC
adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan
bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan
slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya.
Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.
5. Native Advertising
Bentuk
konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan
konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti
bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di
Instagram dan Facebook.
6. Affiliate Marketing
Anda
bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan
merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting
video ads dengan Youtube.
7. Sosial Media
Marketing
Anda
mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti
Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana
untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja
dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga
manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media
sosial, seperti formal atau semi formal.
Sumber
: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
Komentar
Posting Komentar